Pesona di rerimbun Mangrove

Sebagai sebuah ekosistem, habitat bermangrove memiliki keunikan tersendiri. Sehingga, ia bisa menjadi alternatif wahana wisata ekologi yang menarik. Karena terletak di kawasan peralihan antara darat dan lautan, ada banyak spesies hewan dan tumbuhan yang beradaptasi dengan unik di habitat ini.



Underwater View
Terjebaknya sedimen dan kontaminan laut lain oleh perakaran mangrove, habitat pesisir terjaga dan jadi tempat beragam makhluk karang yang indah memendarkan pesonanya. 

Ampibi Pesisir
Banyak yang menyangka ikan satu ini berkaki, sebab di sedimen pesisir, dari kejauhan gerombolan ikan ini nampak seperti berjalan dan atau melompat-lompat.
Nama lokalnya adalah Gelodok (mudskippers), ikan yang diciptakan dengan adaptasi khusus di ekosistem berlumpur.

Angkut Kayu
Bangladesh: satu dari sekian pengancam eksistensi Mangrove adalah penebangan. Jutaan log kayu mangrove di dunia hanya berakhir jadi arang dalam pembakaran. Padahal jika penebangan ini dikelola, ada manfaat yang amat banyak dari ekstraksi kayu mangrove sebagai bahan dasar obat-obatan, pangan, dan industri dasar.

KRISTAL GARAM
Coba teliti dengan seksama di sebalik dedaunan mangrove, terutama pada spesies Avicennia. Pada kondisi surut, kita dapat mencermati buliran kristal garam yang berkilauan.

BEKANTAN
Sekawanan monyet 'Hidung Besar' (Bekantan) terlihat diantara rerimbun mangrove di Malaysia's Bako National Park. Primata yang diperkirakan tersisa hanya 8,000 di dunia ini hanya bisa ditemukan di Kalimantan. Komunitas mangrove dalam hal ini, berfungsi sebagai habitat lindung bagi beberapa spesies yang tergeser
 dari habitat di daratan.

IBIS MERAH
Burung unik ini adalah perlambang dari negara kepulauan Karibia, sekaligus presentasi dari ribuan hektar mangrove yang memagari kepuauan selatan Afrika ini. Mangrove, lagi-lagi punya pesona :)

PANEN UDANG
Surut adalah momen pas untuk menebar jaring angkat (anco). Ratusan udang  Juvenil akan terperangkap dan siap ditebar di kolam-kolam pembesaran

Akar Warni Warna
Tidak ada tumbuhan berbunga yang sanggup bertahan di kedalamam laut. Namun, berkat adanya julur perakaran mangrove, beberapa tumbuhan bersimbiosis di akar yang terendam tersebut sehingga mampu bertahan hidup.





Sumber: Photograph by Tim Laman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...